Inilah Penyebab - Penyebab Mobil Mogok - OMBRO

Inilah Penyebab - Penyebab Mobil Mogok

Mobil mogok memang merepotkan. Kondisi ini kerap membuat jengkel dan marah pengemudi karena pada awalnya mesin sangat mudah stater dan dapat hidup dengan cepat. Namun apa daya, ditengah perjalanan tiba-tiba mobil sudah tidak dapat distater lagi dan mesin sulit hidup.

Selain merepotkan, tentu saja jadwal dan waktu yang sudah anda atur sebelumnya bisa terganggu dan mengalami keterlambatan gara-gara mobil mogok.

Ya... mobil mogok tidak hanya bisa dialami oleh mobil-mobil yang sudah lama. Mobil-mobil tahun terbarupun juga dapat mogok. Bahkan, beberapa diantaranya tidak menunjukkan gejala permasalahan saat diajak menempuh perjalanan.

Penyebab mobil mogok bisa bermacam-macam, dan jika bicara tentang penyebabnya bisa sangat beragam. Pada artikel berikut,  akan kami informasikan beberapa penyebab mobil mogok yang mudah-mudahan bisa menambah pengetahuan anda tentang penyebab mobil mogok.

penyebab mobil mogok


Penyebab - Penyebab Mobil Mogok

Oleh karena penyebab mobil mogok ini bisa bermacam-macam penyebab, maka kami mencoba untuk mengkategorikan penyebab mobil mogok ini menjadi dua kategori yaitu, mobil mogok bukan pada mesin dan mobil mogok pada mesin.


Mobil Mogok Bukan Pada Mesin

Mobil mogok bukan pada mesin ini adalah mogok yang tidak terkait dengan mesin mobil. Artinya, Mesin masih bisa di stater dan dihidupkan namun mobil tidak dapat digerakkan maju atau mundur.

Contohnya :
  1. Kopling selip dan atau pedal kopling los saat ditekan sehingga sulit masuk gigi persneling
  2. Mogok akibat transmisi jebol dan bermasalah
  3. Mengalami patah as roda, ball joint, atau yang berhubungan dengan sistem suspensi lainnya yang mengakibatkan mobil tidak dapat dikendarai lagi.
  4. Mengalami masalah pada sistem rem seperti rem blong, rem macet, atau ada beberapa bagian pada rem yang tiba-tiba jebol dan rusak.
Kondisi seperti diatas bisa menjadi penyebab mobil mogok yang menyebabkan mobil tidak dapat dikendarai lagi dan perjalanan anda pun harus terhenti sementara hingga mobil mendapatkan perbaikan yang tepat.


Mobil Mogok Pada Mesin

Mogok mesin adalah mogok yang terkait dengan kondisi mesin mobil. Ini artinya mesin tidak dapat distater dan atau tidak dapat dihidupkan kembali. Mogok mesin ini terbagi lagi menjadi menjadi dua yaitu, mogok akibat sulit starter atau mogok karena mesin sulit hidup.

A. Mogok Mesin karena sulit starter
Mogok mesin karena sulit starter adalah mogok yang kondisi mesinnya tidak bisa di starter . Jadi, ketika kunci kontak diputar ke arah starter, starter motor tidak bereaksi untuk memutar mesin pertama kali.

Tandanya ketika mobil di starter hanya terdengar bunyi tek tek di bagian mesin. Atau bahkan tidak terdengar suara sama sekali.

Penyebab mobil mogok yang tidak bisa distarter ini juga ada banyak, contohnya
  1. Aki mobil tekor dan tidak kuat untuk mensuplai listrik untuk starter motor.
  2. Posisi persneling (mobil matic) tidak pada posisi P atau pada posisi N
  3. Sistem starter dan kelistrikan di mobil mengalami masalah seperti Fuse/sikring putus, mengalami short, atau stater motornya memang bermasalah.
  4. Mobil tidak bisa distarter karena masalah alarm


B. Mogok Mesin karena mesin sulit hidup
Mogok mesin karena mesin sulit hidup adalah mogok dimana starter mesin bisa dilakukan tapi mesin mobil tidak mau hidup, atau bisa dihidupkan namun akan berbahaya nantinya.

Berikut contoh penyebab mogok karena mesin sulit hidup
  1. Mengalami putus Timing belt
  2. Mengalami gangguan kelistrikan pada ECU mobil
  3. Terjadi masalah pada sistem pengapian seperti busi, koil, distributor rusak
  4. Mengalami masalah pada sistem bahan bakar seperti pompa bensin mati, saringan bahan bakar mampet, atau bahkan kehabisan bahan bakar.
  5. Terjadi kerusakan mesin seperti water hammer (mesin kemasukan air)
  6. Dan masih banyak lagi penyebab lainnya
Daftar isi
    SHARE