Tanda - tanda aki mobil tekor - OMBRO

Tanda - tanda aki mobil tekor

Memang sangat menjengkelkan... apabila kita sedang membutuhkan mobil untuk suatu urusan penting, tiba-tiba mobil tidak bisa di starter dan tidak bisa dihidupkan. Kejadian ini sebenarnya bisa segera di antisipasi jika kita mau melakukan perawatan rutin aki agar kondisinya bisa selalu tetap prima.

Ya... penyebab umum yang paling banyak terjadi dan bisa mengakibatkan mobil susah starter hingga mogok adalah aki mobil tekor. Solusi sementara untuk mengatasi permasalahan ini , anda bisa menjumper aki mobil untuk sekedar menghidupkan mesin mobil.

Namun, hal tersebut umumnya tidak akan bertahan lama, karena setelah mesin dimatikan, penyakit sulit starter akan muncul lagi dan malah bisa semakin meyulitkan anda. Langkah terbaik yang perlu dilakukan adalah dengan melakukan pemeriksaan aki dan sistem pengisian listrik di mobil anda.

tanda aki mobil tekor

Berikut adalah tanda tanda aki mobil tekor yang bisa anda ketahui agar anda bisa segera melakukan tindakan preventif sehingga anda tetap merasa aman selama menggunakan kendaraan.


Berikut adalah tanda tanda aki mobil tekor


1. Mesin tidak bisa di starter

Tanda pertama yang paling gampang dikenali apabila aki mobil tekor adalah mesin tidak bisa di starter.

Cirinya .. ketika anda memutar kunci kontak atau menekan tombol start stop engine, di mesin hanya terdengar suara "Tek ..Tek..", bahkan jika sampai dua - tiga kali dicoba starter, mobil masih menunjukkan hal yang sama dan mesin tetap tidak mau hidup.


2. Tegangan Aki kurang dari 9 Volt

Tanda berikutnya yang bisa menjadi tanda aki mobil tekor adalah tegangan aki kurang dari 9 Volt. Untuk mengukur tegangan aki ini, anda memerlukan setidaknya Voltmeter untuk mengukur tegangan aki dengan tepat.

Namun, jika tidak ada Voltmeter, anda dapat mencoba membunyikan klakson atau memperhatikan nyala lampu di dashboard. Jika terdengar pelan atau lampunya tampak redup saat kunci kontak di ON ini menjadi indikasi tegangan aki mobil sudah mulai tekor.

Baca juga :
6 Penyebab utama aki mobil tekor


3. Kondisi Fisik Aki sudah jelek

Tanda aki mobil tekor berikutnya yang bisa anda ketahui adalah dengan memperhatikan kondisi fisik aki mobil tersebut. Ada dua kondisi yang bisa dipakai untuk menentukan apakah aki mobil anda sudah mulai tekor (kurang baik) yaitu

  • Air aki keruh dan hitam ; Air aki yang keruh dan hitam biasanya terjadi akibat overcharge atau anda pernah mengisikan air aki dengan air mineral. Kondisi air aki yang keruh dan hitam umumnya mengindikasikan kondisi elemen batery yang sudah tidak bagus untuk menyimpan arus listrik.
  • Bodi aki menggembung ; Bodi aki menggembung juga bisa menjadi aki mobil anda sudah mulai tekor. Kondisi menggembung ini umum terjadi akibat overcharege atau lempeng plat didalam elemen aki sudah mulai short sehingga menimbulkan uap dan tekanan berlebih dalam aki.
Daftar isi
    SHARE