Mengenal Auto Leveling Headlamp - OMBRO

Mengenal Auto Leveling Headlamp

Sesuai namanya, Auto Leveling Headlamp berarti headlamp yang sudut pancaran sinarnya dapat bergerak secara otomatis.

Auto leveling secara otomatis mengukur sudut headlamp dan jarak pandang headlamp kejalan pada saat kendaraan mendapatkan beban/ muatan

Pergerakan otomatis ini dilakukan oleh motor di dalam headlamp yang diatur oleh komputer berdasarkan perbedaan level kemiringan bodi mobil.

Seperti contohnya ketika mobil berada pada jalan menanjak atau sedang membawa beban berat, maka bagian depan mobil akan mendongak keatas.

Hal ini akan menyebabkan sudut pancaran sinar dari headlamp juga akan menyorot keatas dan tidak lagi menyorot kearah jalan.

Dengan penggunaan Auto Leveling Headlamp, maka kondisi tersebut dapat dikoreksi secara otomatis sehingga arah sorotan lampu dari headlamp tetap mengarah ke arah permukaan jalan.

posisi sorot lampu dengan auto leveling headlamp

Tujuan utama dari penerapan Auto Leveling Headlamp adalah agar pengemudi selalu mendapatkan cukup cahaya pada jalan yang sedang dilaluinya meskipun kontur jalan yang sedang dilaluinya menanjak atau menurun.

Baca juga :



Cara kerja Auto Leveling Headlamp


komponen auto leveling headlamp
Komponen Auto Leveling Headlamp
Sensor Leveling untuk Headlamp akan mendeteksi posisi kemiringan yang terjadi pada bodi mobil dan mengirimkan datanya ke Headlamp komputer. Informasi ini akan diolah oleh Headlamp komputer untuk menentukan kerja pada motor Headlamp.

Jika komputer membaca level mobil sedang menanjak, maka komputer akan menggerakkan motor headlamp menuju ke bawah agar sorot lampu tetap mengarah kejalan.

Perlu diketahui bahwa pergerakan yang dilakukan pada Auto level headlamp ini hanya pada bagian reflektor hedlampnya saja, bukan pada headlamp body assembly.

Setelah mobil berada pada jalan datar, maka komputer akan mengembalikan arah sorotan lampu ke posisi normalnya.

Daftar isi
    SHARE